Jangan Cepat Menilai

Si A merokok, pasti dia perempuan nakal. Si B suka ketawa-ketiwi, pasti dia perempuan genit. Si C hobi gonta-ganti pasangan, pasti dia playboy. Si D sering tidur di ofis, pasti dia sering begadang. Si E begini... Si F begitu.... bla...bla..bla...

Terlalu sering qta mengomentari tingkah laku orang-orang di sekitar qta dan menilai mereka dari penampilan luarnya saja. Saat seseorang melakukan hal yang salah, qta langsung mengecamnya dengan komentar yang pedas tanpa mencari tahu latar belakang penyebabnya. Coba seandainya qta memberi kesempatan bagi diri qta untuk memahami orang tersebut lebih lagi, mungkin aja qta akan tercengang melihat sisi baik kehidupannya.

CT, salah seorang sahabatku, adalah perokok berat. Entah sudah berapa x aq menegurnya untuk ga merokok saat kami makan bersama atau ngopi, karena asap rokoknya membuat aq sesak nafas. Tanpa perduli dengan teguranku, dia akan mengambil tempat yg agak jauh sehingga asap rokoknya ga akan menggangguku. Meskipun perokok kelas berat, dia tetaplah salah seorang yang terbaik buatku. Dia selalu menyediakan waktunya saat aq butuh ditemani, dia memberikan telinganya untuk mendengarkan keluh kesahku, dia merelakan kedua tangannya untuk memeluk aq saat aq butuh dukungan dan dia memberikan senyumannya saat aq bahagia.
Siapa bilang dia bukan perempuan yang baik? Ada ratusan bahkan mungkin ribuan perempuan yang tidak merokok tapi juga tidak pernah memberikan diri dan hatinya untuk berbagi dengan orang lain.

BM, seorang sahabatku yang lain lagi, mempunyai masa lalu yang kelam, hamil dan mempunyai anak di usia yang masih sangat dini. Dulu ada cap negatif yang diberikan orang kepadanya : "nakal", tapi saat megenalnya lebih dalam...kamu pasti akan menyukainya. Dia seorang yang lembut hati, perhatian dan tidak pernah mau menyinggung perasaan orang lain. Aq selalu merasa nyaman bercerita tentang apa saja kepadanya.
Ada banyak orang yang tidak "nakal" tapi malah keras hati, kasar, tidak pedulian dan bertingkah seenaknya.

1 pelajaran penting yang aq dapatkan dari sahabat-sahabatku adalah :
"DON'T JUDGE THE BOOK ONLY BY ITS COVER".
Jangan menilai orang lain hanya dari penampilan luarnya saja. Qta perlu mengenal seseorang lebih dalam & bergaul dengannya lebih sering barulah qta bisa mengerti bagaimana karakternya, sebaiknya apa sifatnya dan sedalam apa kasihnya.

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Andai saja qta selalu memandang seseorang dari sisi baiknya, lihatlah... betapa banyaknya orang yang dapat qta jadikan sahabat, dapat memberikan keuntungan bagi qta dan dapat menjadi tempat untuk menyalurkan kasih & perhatian qta.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Your First Yoga

Balance Your Time to Bring Happiness in Your Life

Be With You #Worship#